Mar 15, 2020 Perkonomian

Ketimpangan Ekonomi Semakin Melebar Akibat Pandemi Covid

Country Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim mengatakan bahwa hasil survei yang dilakukan selama periode pandemi covid-19 menunjukkan jumlah pekerja terdampak wabah mencapai fifty four persen. Dari angka tersebut, 35 persen di antaranya telah diberhentikan secara permanen sementara 19 persen lainnya dirumahkan sementara. Jika selama ini mahasiswa terbiasa bersosialisasi dengan teman di kampus, namun saat pandemi mereka diharuskan untuk tinggal di rumah sehingga hal itu menjadi terbatasi. Ketiga stimulus tersebut berkaitan dengan berkaitan dengan kebutuhan masyarakat dalam bidang usaha, bisnis, pajak dan sebagainya. Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani telah berkoordinasi bersama sejumlah institusi seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan , Lembaga Penjamin Simpanan serta Komite Stabilitas Sistem Keuangan .

Akibat dari Pandemi

Itu sebabnya Pemerintah Indonesia saat ini sedang menggiatkan kegiatan social distancing. Dimana warga diminta untuk selalu menjaga jarak 1-2 meter saat berinteraksi dengan masyarakat sekitar untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. Akibatnya sekolah-sekolah, universitas, instansi yang masih di bawah naungan pemerintah diliburkan kegiatan operasionalnya selama kuranglebih dua minggu dan diganti dengan kegiatan di rumah atau istilah barunya adalah do enterprise from home.

Hal ini jelas di luar kebiasaan masyarakat dalam bersosialisasi dan menjalin keakraban. Jika sebelum adanya virus corona, masyarakat begitu mudahnya saling bersentuhan secara umum. Jumlah pasien corona yang meningkat setiap harinya memaksa para tenaga medis untuk bekerja ekstra keras. Di saat musim liburan industri pariwisata dan perhotelan pastilah mencapai kejayaannya. Tingkat kunjungan wisatawan ke berbagai tempat wisata meningkat, di mana tempat-tempat wisata selalu ramai bahkan penuh sesak dengan kerumunan massa wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Demikian pula dengan industri perhotelan, di mana tingkat hunian lodge mengalami kenaikan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pandemi membuat negara kehilangan potensi keuangan ribuan triliun. Karena sampai saat ini kita belum bisa menyingkirkan virus ini dari kehidupan kita, yang bisa kita lakukan adalah hidup berdampingan dengan Covid-19 tanpa menyentuhnya dan mencoba bersahabat dengan keadaan. Dengan selalu melaksanakan protokol kesehatan dan hati-hati dalam bertindak, dan kita berharap pandemi akan segera berakhir.

Aplikasi ini menjadi salah satu solusi PJJ yang sangat recomended untuk digunakan. Banyak munculnya aplikasi belajar on-line membuat belajar #DariRumahAja tetap dapat dilakukan dengan efektif. Aplikasi-aplikasi belajar on-line dikembangkan dengan penyediaan fitur-fitur yang memudahkan dalam melakoni belajar on-line. Tanpa sumber penghasilan alternatif, para pekerja dan keluarganya tidak memiliki sarana apapun untuk bertahan.

Dan disini juga akan kami njelaskan bagaimana cara menawarkan produk kita menggunakan fitur market di fb. Menurunnya berbagai aktivitas ini berdampak pada kondisi sosial-ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat rentan dan Situs Bola Online miskin. Oleh sebab itu, pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menanggulangi penyebaran COVID-19 serta kebijakan kebijakan yang bersifat penanggulangan dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi ini.