Jul 21, 2020 Cara Membuat Bisnis

Menjadi Guru, Menjadi Pahlawan

Pandemi memang mengubah segalanya, tapi tidak pada semangat kita untuk menuju hidup yang baru. Akan tetapi, percayalah kamu bisa mendapatkan kunci untuk mencapai masa depan yang lebih baik,” demikian pesan Bimo. Sebagai seorang yang ada dalam dunia pergerakan, Arnoldus Isaac Zacharias Mononutu bersikap konsekuen terhadap perjuangannya.

Bukunya Tan Malaka tersebut mengajak kaum cendikiawan Indonesia untuk berjuang meraih Kemerdekaan Indonesia dan Peka terhadap hati nurani Rakyat. K.H. Zainul Arifin dengan pasukan Hizbullah terlibat dalam pertempuran-pertempuran dengan Belanda mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Selama berkarir di bidang militer, Gatot Subroto memiliki 17 bintang jasa dan setelah wafat pangkatnya dinaikkan menjadi jenderal anumerta. Sebelum mendirikan Muhammadiyah, Ahmad Dahlan sudah memasuki organisasi lain, baik yang berdasarkan nasionalisme ataupun agama, seperti Budi Utomo dan Sarekat Islam.

Berubahlah sekarang selagi masih sempat, fokuskan perhatian Anda pada hukuman yang akan Anda terima pada masa mendatang jika tidak mengambil tindakan sekarang. “Perubahan itu menyakitkan, Ia menyebabkan orang merasa tidak aman, bingung, dan marah. Orang menginginkan hal seperti sediakala, karena mereka ingin hidup yang mudah” – Richard Marcinko. Agar masalah kita cepat terselesaikan dan hidup tidak terbebani, ada baiknya kita sebagai manusia selalu mencoba terus berpikir positif dan menjauhkan diri dari pikiran negatif yang timbul dari masalah tersebut. Memang rasanya sulit untuk berpikir positif ketika sedang tertimpa masalah, namun perlu diingat dengan berpikir positif kita mampu mengambil hikmah dan pelajaran dari masalah yang sedang kita alami.

Guru menempati posisi sangat penting yang secara langsung maupun tidak langsung menentukan kemajuan suatu negara. Sebab gurulah yang mendidik para murid sehingga suatu saat mereka bisa menjadi presiden, menteri, anggota parlemen, direktur, pegawai negeri, dokter, dan sebagainya. Guru juga lah yang menjadi motor utama sistem pendidikan yang dijalankan oleh negara. Selain harus memenuhi persyaratan secara umum, seseorang dapat diberi gelar pahlawan nasional jika memenuhi syarat khusus berikut ini. Pertama, pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. Gelar pahlawan nasional diberikan pada orang yang telah meninggal dunia dan semasa hidupnya memenuhi lima syarat.

Perjuangannya dimulai dengan pernyataan “Soempah Keboelatan Tekad” mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia. Mendirikan organisasinya dengan menggunakan istilah kebangkitan dan tanah air, misalnya Nahdatul Wathan dan madrasah Sjubbanul Wathan , madrasah Nahdlatul Tujar dan Nahdatul Ulama . Selama Perang Dunia II, Palar tidak lagi bekerja untuk SDAP, ia beraktivitas dalam laboratorium Van der Waals, sambal mengajar bahasa Melayu. Setelah perang berakhir ia aktif dalam Partij van de Arbeid dan terpilih menjadi anggota Twede Kamer.

Menjadi seorang pejuang dalam kehidupan

Seperti halnya dunia kuliner, trend, dan kesehatan, pergantian tahun ini akan diwarnai pula dengan perubahan tren di dunia keuangan. Sejumlah tren keuangan di tahun 2018 akan masih dijalankan di tahun 2019. Bahkan secara intensitas dan pelaku akan semakin bertambah sehingga tren keuangan tersebut semakin populer di masyarakat. Ingin segera menyandang gelar sebagai “Pahlawan dan Pelindung Keluarga”? Terlebih kini produk asuransi jiwa bisa didapatkan secara online sehingga lebih mudah dan lebih cepat. Bahkan calon tertanggung bisa leluasa menentukan sendiri nilai premi yang harus dibayarkan agar sesuai dengan kebutuhan finansial.

Kita sebagai generasi penerus harus bijak dalam memanfaatkan media sosial, mulai dari membuat konten, menyebarkan hingga menanggapi konten yang diterima. Kamu bisa memanfaatkan media sosial dan internet untuk berkarya atau tukar pikiran maupun informasi positif. Jangan sampai media sosial menjadi saran untuk menjatuhkan satu sama lain atau menyebarkan informasi hoax ya. Intinya jika kita menggunakannya secara positif, kita juga akan merasakan manfaat positifnya. Momen ini yang menjadi titik awal semangat para pemuda untuk bersatu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Silakan jawab, siapakah yang menjadikan seseorang menjadi seorang dokter, insinyur, ahli hukum, tentara atau polisi, jaksa, ahli ekonomi dan profesi lainnya? Oleh karena itu tidak salah, kalau sejarah pernah mencatat seusai Hiroshima dan Nagasaki dibom oleh tentara sekutu, Hirohito, kaisar Jepang saat itu bertanya kepada orang-orang dekatnya. Pertanyaan kali pertama yang disampaikan kaisar adalah berapa orang guru-guru yang masih hidup? Pertanyaan ini cukup mengagetkan, karena yang ditanyakan bukan jumlah tentara, bukan kerugian materi, bukan alat-alat dan persenjataan perang yang tersisa, tetapi pada sosok guru. Ini membuktikan bahwa bangsa yang maju sekelas Jepang saja menempatkan pendidik sebagai komponen utama dalam memajukan bangsa dan negaranya.